Menggunakan script otomatis untuk mengatur settingan network di notebook yang dipakai di lokasi yang berbeda

16 October 2008 |



Memakai Linux di notebook merupakan suatu kebanggaan tersendiri, sebab menginstallnya kadang memerlukan usaha lebih dibandingkan bila menginstall di PC desktop, sebab driver­driver Linux yang tersedia untuk hardware notebook masih relatif lebih sedikit dari PC desktop, terutama driver network card, modem, infrared port (irda), dan bluetoothnya. Ok, bila akhirnya Linux berhasil diinstall, muncul kendala ketika kita menggunakan notebook ini di lokasi yang berbeda...

...misalkan di kantor dan di rumah. Sebab kemungkinan besar settingan network di kantor dan di rumah berbeda, baik itu IP address, Gateway, DNS, dll. Akan merepotkan sekali bila kita harus setiap kali mengubah settingan network notebook kita ketika berpindah dari kantor ke rumah, dan esoknya balik lagi kantor.

Artikel ini akan membahas sebuah trik efisien bagaimana menggunakan script untuk melakukan settingan network tersebut secara otomatis dan cepat. Penulis menggunakan Mandrake 9.2, namun script ini dapat pula untuk distro yang lain dengan menyesuaikan letak file dan startup script di distro yang bersangkutan.

Download full article: http://www.megaupload.com/?d=63U7ZJRJ

0 cangkeman: